Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Usus

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Usus

Teh hitam yang rutin dikonsumsi dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah membentuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Karena teh hitam memiliki kandungan antioksidan. Teh adalah minuman yang sehat dan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Teh hitam terbuat dari daun semak Camellia Sinensis, seperti yang telah disebutkan dalam WebMD.

Camellia Sinensis tersebut mengandung banyak senyawa kafein dan antioksidan. Teh hitam dari tanaman Camellia sinensis ini memiliki rasa yang lebih kuat karena senyawa kafeinnya lebih banyak. Karena itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Teh hitam mampu meningkatkan kesehatan usus, karena kandungan yang terdapat dalam teh hitam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Dalam beberapa penelitian telah dibuktikan bahwa sejumlah jenis bakteri pada usus memiliki peranan penting untuk mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya adalah penyakit radang usus.

Berdasarkan penelitian yang ditemukan di U.S. National Library of Medicine, teh hitam mengandung polifenol yang berfungsi membantu menjaga kesehatan usus. Polifenol memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Teh hitam memiliki kandungan anti-mikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membunuh zat berbahaya. Antimikroba yang terkandung dalam teh hitam juga dapat membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

Dapat Meningkatkan Fokus

Teh memiliki kandungan kafein, begitu pula dengan teh hitam. Seperti yang banyak diketahui kafein memiliki manfaat dapat meningkatkan fokus dalam beraktivitas. Kebanyakan orang lebih memilih minum teh hitam sebagai pengganti kopi supaya lebih waspada dan lebih berenergi. Teh hitam selain memiliki kandungan kafein, juga memiliki kandungan asam amino L-theanin.

Senyawa tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan juga fokus. Selain itu, L-theanin juga memiliki fungsi untuk meningkatkan aktivitas otak, memberikan relaksasi dan fokus yang lebih baik bagi tubuh Anda.

Dapat Mengolah Gula Darah

Jika Anda meminum teh hitam sekitar 45 menit setelah makan, kadar gula darah dalam tubuh bisa diturunkan. Meminum teh hitam tanpa tambahan gula atau pemanis ternyata mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga kadar gula darah dalam tubuh bisa berkurang.

Peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit. Penyakit tersebut adalah obesitas, penyakit jantung, gagal ginjal, dan depresi. Oleh karena itu, rutinlah minum teh hitam tanpa pemanis untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Anda.

ternyata teh hitam mampu jaga kesehatan usus
Sumber : unsplash.com

Mampu Memelihara Kesehatan Jantung

Teh hitam juga memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Flavonoid tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah. Senyawa antioksidan jenis flavonoid ini juga terbukti mampu mengurangi banyak risiko penyakit yang dapat menyerang organ jantung.

Penyakit lain yang dapat menyerang jantung adalah kolesterol tinggi, peningkatan trigliserida, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, lebih baik Anda rutin meminum teh hitam tanpa tambahan pemanis untuk mengurangi segala resiko penyakit yang dapat menyerang kesehatan jantung dan tubuh Anda.

minum teh hitam teratur mampu sehatkan usus
Sumber : pexels.com

Baik Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke bisa saat terjadi saat terdapat pembuluh darah di otak yang tersumbat atau pecah. Akan tetapi, sekitar 80% kasus penyebab penyakit stroke ini dapat dicegah. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan melakukan rutin meminum teh hitam. Mengatur pola makan, melakukan aktivitas fisik, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah juga dapat mencegah penyakit stroke.

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa orang yang rutin meminum lebih dari tiga cangkir teh hitam per hari, memiliki resiko mengalami stroke lebih rendah. Oleh karena itu, baik bagi Anda untuk rutin meminum teh hitam setiap harinya supaya Anda terhindar dari penyakit stroke.

Mampu Melawan Virus

Teh hitam memiliki kandungan tanin yang memiliki peran untuk membantu melawan virus penyebab influenza, hepatitis, dan juga disentri. Selain itu, teh hitam juga memiliki kandungan alkilamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk membuat tubuh selalu terbebas dari serangan berbagai virus penyebab penyakit.

Sangat penting bagi Anda untuk rutin mengkonsumsi minuman teh hitam tanpa tambahan pemanis untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Karena berdasarkan banyak penelitian, teh hitam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Nah, bila Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasiĀ  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.