Minum Teh Bermanfaat untuk Kesehatan Mental? Begini Faktanya

Minum Teh Bermanfaat untuk Kesehatan Mental Begini Faktanya

Teh adalah minuman tradisional yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Minum teh bahkan sudah menjadi kebiasaan turun-temurun di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang netral dan banyak manfaat yang dapat diperoleh dari minuman ini. Selain menghangatkan tubuh, teh juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Salah satu manfaat minum teh yang kurang dikenal adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mental. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Teh untuk Kesehatan Mentalmu

Selama bertahun-tahun, teh telah menjadi minuman yang diminum setiap hari oleh manusia karena efek menenangkannya dan rasanya yang menyegarkan.

Efek menenangkan tradisional dari tanaman camellia sinensis telah berevolusi menjadi berbagai jenis minuman. Selain untuk menghilangkan dahaga, air teh juga digunakan sebagai alat untuk meditasi.

Meskipun manfaat teh untuk kesehatan mental sudah umum diketahui di kalangan para penggemarnya, para ilmuwan sekarang mulai mempelajari bagaimana teh dapat memberikan efek positif pada suasana hati dan kognisi manusia.

 

teh hitam bantu jaga kesehatan mental lho
Sumber : pixabay.com

Kandungan di Dalam Teh

Para peneliti telah menemukan bahwa minum teh dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Bukti manfaat teh untuk kesehatan jangka panjang juga mulai terungkap. Minum teh hijau sebanyak 100 ml atau setengah cangkir per hari dapat menurunkan risiko depresi dan demensia.

Tentu saja, efek ini tidak terjadi begitu saja karena ada kandungan zat yang mempengaruhi peminum teh sehingga merasakan dampak positif. Berikut adalah beberapa kandungan dalam teh dan juga efeknya pada kesehatan mental manusia:

1.    Kafein

Tidak hanya kopi, teh juga mengandung kafein. Takarannya dinyatakan cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Kafein adalah stimulan untuk sistem saraf pusat manusia. Ini membersihkan saluran pernapasan dan mempercepat aliran darah.

Efek tersebut adalah alasan mengapa teh sangat cocok untuk mengalahkan rasa letih. Kafein juga menahan dopamin, zat yang merangsang perasaan senang, sehingga teh sering dipilih sebagai minuman yang menenangkan dan menghilangkan rasa jenuh.

2.    Asam Amino L-theanine

Studi menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang terkandung dalam teh, terutama teh hijau, dapat memperbaiki konsentrasi dan merelaksasi tanpa menyebabkan kantuk. Zat ini terbukti membantu individu merasa santai tanpa adanya perasaan gelisah yang biasanya muncul setelah minum kopi.

3.    Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai salah satu zat yang dapat menurunkan risiko kanker dan diabetes. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu masalah sulit tidur, seperti insomnia. Oleh karena itu, minum teh sering kali dipilih sebagai minuman sebelum tidur.

 

ternyata teh hitam bantu jaga kesehatan mental lho
Sumber : pixabay.com

Riset Terkini Mengenai Manfaat Teh untuk Kesehatan Mental

Kini, banyak penelitian yang berfokus pada kandungan teh yang memiliki manfaat yang sangat beragam. Studi epidemiologi telah menyediakan banyak bukti tentang manfaat teh untuk suasana hati dan kognisi tubuh manusia.

Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa populasi masyarakat Korea Selatan yang terbiasa minum teh hijau memiliki kemungkinan 21% lebih kecil untuk mengalami depresi selama hidup mereka.

Andrew Steptoe yang merupakan seorang psikolog dari University College London meneliti apakah efek relaksasi teh berasal dari konteks sosial atau hasil biologis langsung dari minuman tersebut.

Manfaat teh telah diketahui melalui kandungan seperti kafein, yang dapat mengalahkan rasa letih dan menahan dopamin, zat perangsang rasa senang. Selain itu, kandungan asam amino L-theanine dalam teh hijau juga dapat meningkatkan konsentrasi dan memberikan efek relaksasi tanpa menimbulkan kantuk.

Terakhir, antioksidan yang terdapat dalam teh dapat membantu mengatasi masalah kesulitan tidur seperti insomnia.

 

minum teratur teh hitam bantu jaga kesehatan mental lho
Sumber : pixabay.com

Kesimpulan

Teh telah menjadi minuman yang populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan manfaat kesehatannya. Selain dapat menghangatkan tubuh, teh juga dapat menjaga kesehatan mental. Kandungan teh yang terdiri dari kafein, asam amino L-theanine, dan antioksidan dapat memberikan efek baik bagi kesehatan mental manusia.

Bagi Anda yang ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.