Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Jika Anda suka minum teh, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai inovasi minuman yang populer saat ini dengan bahan baku teh. Minum teh sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Tanpa memandang usia, hampir semua orang dewasa dan anak-anak suka minum teh.

Bahkan, minum teh dengan es batu saat makan siang dianggap oleh banyak orang sebagai suplemen terbaik, terutama di kalangan anak muda Indonesia. Selain rasa teh yang unik dan menyegarkan, teh juga baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak cara untuk menikmati teh, ada yang tanpa gula, ada yang dengan es batu, ada yang hangat dan manis dengan gula, ada yang dengan susu, dan sebagainya. Orang sering memilih untuk menambahkan gula pada teh panasnya agar tidak terasa pahit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa jika Anda minum teh tanpa pemanis, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat.

Manfaat dari Minum Teh Tidak Ditambahkan Gula

Mungkin teh tanpa pemanis tidak akan menyenangkan bagi anak usia produktif. Namun, tidak ada salahnya mengetahui manfaat minum teh tawar.

Ada banyak jenis teh yang masing-masing memiliki manfaat, namun secara umum minum teh baik untuk kesehatan asalkan diminum dalam jumlah yang tepat.

Berikut ini adalah daftar manfaat minum teh bebas gula yang wajib Anda ketahui. Meski sudah terbiasa minum teh dengan tambahan gula, sekarang tidak masalah mencoba teh tawar di rumah.

 

Harus Kamu Ketahui, Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula ya
Sumber : pixabay.com

1. Bantu Kontrol Gula Darah

Manfaat minum teh tanpa pemanis adalah dapat membantu Anda mengontrol gula darah. Meski orang yang terbiasa minum gula, jika mencoba minum teh tanpa gula, akan sangat membantu mengontrol gula darah.Tehnya, meski masih suam-suam kuku, pasti akan terasa pahit tanpa gula, yang tidak menjadi masalah.

2. Peredaran Darah Jadi Lebih Lancar

Apa yang ada di dalamnya adalah kelas senyawa antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin tubuh Anda. Dengan cara ini, kadar gula darah akan mudah dikontrol. Jadi, dengan mudah mengontrol kadar gula darah, dan risiko terkena diabetes bisa diminimalkan. Anda bisa menemukannya di teh hijau, oolong, dan hitam.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Anda dapat menemukannya dalam teh hitam yang dapat melawan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Jika ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cobalah minum teh hitam secara teratur. Jangan tambahkan gula dan sajikan teh selagi masih panas. Maka jangan heran jika teh hitam menjadi hits, karena khasiatnya yang begitu ampuh sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 11%.

4. Tubuh dan Pikiran Jadi Lebih Tenang

Minum teh tanpa tambahan gula akan langsung memberikan efek dan manfaat yang berbeda. Padahal, minum teh panas tanpa pemanis bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Stres Anda akan berkurang, tubuh Anda akan terasa tenang dan rileks, suasana hati Anda akan membaik, dan Anda akan lebih mudah untuk fokus. Oleh karena itu, sangat cocok dikonsumsi saat sedang stres atau sedang bad mood.

Salah satu kandungan yang bisa membuat Anda lebih tenang adalah L-theanine yang terdapat pada daun teh segar. Tak hanya bisa menenangkan, kandungannya juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Inilah yang membuat fokus Anda kembali tajam.

 

Ini Manfaat Minum Teh Tanpa Gula
Sumber : pixabay.com

5. Bisa Awet Muda

Apakah Anda percaya minum teh tanpa gula bisa membuat Anda terlihat lebih muda? Menurut hasil penelitian, antioksidan dalam teh sangat efektif menangkal proses oksidasi dalam tubuh. Konon, konsumsi teh yang tidak tinggi gula secara teratur dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput atau flek hitam.

Ini juga mengembalikan kecerahan kulit yang telah kusam akibat paparan sinar matahari. Teh bahkan bisa membersihkan jerawat, mengurangi dermatitis atopik, kandidiasis, dan keloid.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat teh hitam  dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini  karena teh hitam dikenal dengan senyawa antigenic dan tannic yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit virus. Dengan meminum teh hitam, Anda akan  jarang sakit dan kadar lemak  tubuh juga berkurang.

7. Mencegah Kanker

Teh dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah kanker. Polifenol dan antioksidan dalam teh diketahui dapat melindungi sel dari kerusakan. Kedua zat ini harus menghentikan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh dan akhirnya menghasilkan sel-sel abnormal yang dapat berkembang menjadi sel kanker. Anda dapat memperoleh manfaat ini terutama dengan teh hijau dan hitam.

8. Membantu Pencernaan

Mengkonsumsi teh hitam membuat sistem pencernaan lancar dan tetap sehat. Teh hitam dapat menjaga bakteri baik dalam saluran pencernaan. Bakteri baik ini mencegah bakteri jahat bersentuhan dengan makanan, yang membahayakan tubuh.

 

ini lho manfaat minum teh tawar untuk tubuh
Sumber : pixabay.com

9. Memperkuat Tulang dan Gigi

Khasiat teh hitam lainnya yang bermanfaat dapat memperkuat tulang dan gigi. Manfaat teh hitam  ini berasal dari kandungan fitokimia  teh hitam yang bahkan  dapat menurunkan risiko radang sendi.  Orang yang minum teh hitam setiap hari  dapat mengembalikan kepadatan tulang karena teh hitam mengandung  pengganti kalsium. Masalah tulang seperti patah tulang pada lansia juga bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi teh hitam.

10. Membantu Meremajakan Kulit

Teh dipercaya dapat menjaga kecantikan wajah secara alami. Bahkan, teh juga bisa membantu dalam proses peremajaan atau membuat kulit menjadi lebih elastis. Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College of Georgia menemukan bahwa teh dapat membantu meremajakan kulit, menghilangkan kotoran membandel dan komedo hingga mencerahkan kulit.

Banyak sekali manfaat teh jika di konsumsi rutin dan tanpa gula. Yuk villavers rutin minum teh hitam agar kesehatan tetap terjaga! Nah, jika Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.