7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan

7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan

Teh sejauh ini paling praktis dan disukai oleh hampir semua orang. Teh manis adalah campuran teh yang telah dibuat dengan gula.  Teh tanpa gula yang hanya memiliki 2 kalori per cangkir, sedangkan teh manis memiliki 55 kalori per gelas, itu terlalu jauh untuk dibandingkan. Jadi kalau pertanyaannya teh manis bikin gendut atau tidak, jawabannya ya, berpotensi karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mereka yang lebih suka minum teh saja tanpa gula memiliki tubuh yang lebih sehat.

Tidak sedikit orang yang menyukai  teh pahit. Teh yang sudah lama diseduh  ini memiliki  rasa  pahit yang tajam dan aroma yang khas. Namun ternyata manfaatnya baik untuk kesehatan Anda. Karena mengandung nutrisi yang cukup beragam, mulai dari antioksidan, vitamin C, polifenol, katekin, kafein, L-theanine dan zat besi.

Dilansir oleh Reader’s Digest, bahwa teh bebas gula kaya akan antioksidan yang membantu memperbaiki sel tubuh dan mengurangi risiko penyakit kritis. Selain itu menurut Anthony Kouri. , ahli ortopedi. di Toledo, Ohio, “Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai catechin. Katekin itu sendiri terurai menjadi epigallocatechin-3-gallate (EGCG), senyawa  yang dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mengurangi peradangan,”

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang lebih suka minum teh pahit tanpa gula, bersyukurlah karena Anda sudah merasakan beberapa manfaat besar ini. Berikut manfaat kesehatan jika mengkonsumsi teh pahit.

7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan
Sumber : pixabay.com

1. Kulit Lebih Sehat

Mengonsumsi teh secara rutin dapat mengurangi risiko kanker kulit. Terutama  teh hitam, yang menurut Uma Naidoo, direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup di fakultas Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School, cukup efektif  mencegah karsinoma sel skuamosa, atau kanker.

Salah satu komponen teh yang bermanfaat bagi kesehatan kulit adalah polifenol yang berperan sebagai antioksidan peningkat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa epigallocatechin-3-0-gallate (EGCG), turunan polifenol, dapat mengurangi aktivitas tirosinase, terutama komponen EGCG, EGC dan CG, yang memiliki efek anti-pigmentasi akibat paparan UV-B. Selain kemampuannya melindungi kulit dari sinar UV-B, teh memiliki banyak manfaat lain yang bisa di rasakan pada wajah. Menggunakan bahan-bahan alami seperti teh tidak hanya aman dan tanpa efek samping berbahaya.

2. Kurangi Resiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian Annals of Internal Medicine, minum teh setiap hari dapat meningkatkan kesehatan, memperpanjang usia, dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit yang mengancam jiwa.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Medical Daily September lalu, peneliti China menemukan bahwa minum dua sampai empat cangkir teh hitam sehari mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen.

Xiaying Li, salah satu penulis studi dan seorang peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Wuhan, mengatakan bahwa hasil penelitian ini menggembirakan karena memberikan harapan kepada orang-orang untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Gigi Lebih Kuat

Manfaat minum teh pahit atau tanpa pemanis menguatkan gigi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri penyusun rongga  mulut. Minum teh pahit setiap hari dapat mencegah gigi berlubang  semakin parah.

Inilah 7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan
Sumber : pixabay.com

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan katekin, flavonoid dan polifenol dalam teh pahit juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Karena teh pahit dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, teh pahit juga dapat memperlancar peredaran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, sifat anti inflamasi teh dapat membuat  rileks dan membersihkan pembuluh darah, mengurangi tekanan pada jantung.

5. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Kandungan kafein  teh membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak hingga 100 kalori sehari. Manfaat ini bisa dirasakan saat mengkonsumsi teh yang dalam keadaan panas , karena mengandung sekitar 0 miligram kafein per cangkirnya.

7 Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh
Sumber : pixabay.com

6. Membuat Tidur Malam Lebih Lelap

Teh sebenarnya mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. Kebanyakan orang mengkhawatirkan kandungan kafeinnya, sebaiknya pertimbangkan kandungan lain dalam teh yang membantu pikiran dan tubuh Anda rileks secara efektif sehingga akhirnya Anda bisa merasa lebih mengantuk dan tidur nyenyak. Menurut  penelitian  Integrative Medicine Research, manfaat minum teh pahit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada penderita insomnia ringan hingga sedang.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh memiliki kandungan antioksidan EGCG, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. namun berhati-hatilah untuk tidak menambahkan krim atau gula saat membuat teh. Dengan cara ini, teh tetap bebas kalori dan membakar kalori lebih cepat. Untuk hasil yang maksimal, minumlah teh secara rutin setidaknya 3 cangkir teh untuk mendapatkan antioksidan EGCG yang cukup.

Dan, jika Anda ingin membeli teh hitam kualitas premium, Teh Villa memilikinya. Di website ini pada halaman kategori produk Anda bisa memilih dan membeli beragam teh seperti teh hitam (Premium Black Tea), teh celup kotak, tumbler strianer, teh villa sachet, teh merah wangi dan teh villa cup yang merupakan inovasi  terbaru dari PT. Karya Mas Makmur selaku produsen teh hitam terbaik di Indonesia.